Loading...
world-news

TIPS BELAJAR

Tetap Tenang Saat Lebaran, Berikut Tips Menjawab Pertanyaan “kuliah Dimana? ” Saat Idul Fitri

Tidak terasa, akan merayakan hari raya Ied Fitri. Momen lebaran tentunya menyenangkan bukan? Ada banyak makanan enak, suasananya yang gembira, dan juga berkumpul bersama keluarga.

Momen lebaran yg ditunggu adalah THR! Tapi biasanya diselipin pertanyaan pertanyaan yang bikin kesal.

“Jadi kuliah dimana?”

“Rencana ambil jurusan apa?”

yang lebih parahnya lagi, kadang suka dibanding-bandingin sama sepupu! momen lebaran, jadi sedikit menegangkan ya.

Tapi tenang, sebagai persiapan mari simak jurus apa yang bisa kita keluarkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut!

 

1. Kok sekarang gendutan, sih?

Pertanyaan singkat, padat, dan menyebalkan! “Kok sekarang gendutan, sih?”

Tenang-tenang guys, kalau tiba-tiba dapat pertanyaan seperti itu, nggak perlu kaget, sedih, apalagi sampai tantrum. Hadapi dengan dengan kalem, tarik nafas, jawab dengan sopan, misalnya:

“Iya, om/tante.. Soalnya akhir-akhir ini saya sangat bahagia”.

eits…jangan lupa langsung alihkan dan todong “om/tante THR nya mana ya? ” Ingat jangan sindir balik ya, tetap menjadi anak yang baik!

 

2. Jadi kuliah dimana?

Pertanyaan ajaib yang biasanya ditujukan ke kalian yang baru lulus sekolah.

Padahal pertanyaan ini seringkali sulit untuk dijawab karena pribadi sendiri yang masih bingung.

Buat yang masih berjuang di SNBT bisa dengan jawaban yang simpel-simpel aja. Misalnya, “Rencananya di Univ A, Tante, tapi baru mau proses seleksi, doakan ya tante supaya berhasil mengerjakan soal ujian”

Jangan lupa tambahkan dengan “minta doa” agar berhasil dan lolos seleksinya, karena masih masa lebaran jadi masih dapat nuansa religius nya. Siapa tahu benar-benar dikabulkan sama Tuhan, kamu bisa kuliah di kampus impian deh!

atau jika sudah beruntung mendapatkan perkuliahan “Sudah Lolos di Univ A om kemarin!”.

3. Rencana ambil jurusan apa?

Mirip dengan pertanyaan sebelumnya, pertanyaan ini kemungkinan akan menghasilkan pertanyaan tak terduga lainnya.

Kalau misalnya kamu sudah punya pilihan jurusan sendiri, bisa langsung jawab saja dengan argumen atau alasan kamu memilih jurusan itu.

Misalnya, “saya ingin memilih jurusan A, karena lulusannya sekarang banyak dibutuhkan dan prospek karirnya bagus”.  Atau bisa juga: “rencananya pilih jurusan B, karena saya punya minat yang besar di bidang ini dan punya bakat yang bakal membantu saya untuk menekuninya”.

Perlu diingat, saat menerima pertanyaan ini, usahakan tenang aja guys, nggak perlu takut bakal di judge, susah dapet kerja, ilmunya kurang jelas, “kamu kan perempuan kenapa ga jadi perawat aja” dan lain-lain.

Cukup yakinkan mereka dengan pilihanmu, pasti hasilnya akan baik dan kamu juga bisa dapat dukungan dari keluarga!

Itu tadi beberapa pertanyaan jebakan, dan jurus pamungkas untuk menjawabnya. Ada satu jurus lagi nih, yang berlaku untuk semua pertanyaan diatas yaitu, senyumin aja!

Baca Juga